Kamis, 14 Oktober 2010

Taneman Obat Sirih Merah

Telah kita ketahui bahwa tanaman itu memiliki banyak fungsi, ada yang sebagai racun, tidak memiliki fungsi apa apa hingga menjadi obat. Salah satu tanaman obat tradisional ialah sirih merah (Piper crocatum).


Tanaman ini biasanya hidup di daerah tinggi, biasanya bila sirih merah ditanam pada daerah yang memiliki kadar panas atau terkena sinar matahari langsung maka batang pada sirih merah akan cepat mengering dan zat warna merah yang terdapat pada bagian daun akan perlahan-lahan luntur.

 Senyawa alkoloid yang terdapat pada sirih merah dapat menghambat pertumbuha sel sel kanker. Sirih merah dapat juga menurunkan kadar gula, menyembuhkan penyakit  Hipertensi, radang lever, radang prostat, radang mata, keputihan maag, kanker payu darah, nyeri sendi dan juga dapat dimanfaatkan sebagai penjaga stamina.

Masih banyak lagi tanaman tanaman obat lainnya yang memiliki efek efek mengagumkan lainnya, maka kita sebagai manusia tak seharusnya merusak lingkungan lingkungan sekitar kita hanya untuk kepuasan pribadi, karena di lingkungan sekitar kita memliki sumber daya yang amat sangat luar biasa kalau bisa memprosesnya. Oleh karena itu mari kita pelihara lingkungan sekitar kita baik jauh maupun yang dekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar