Kamis, 14 Oktober 2010

Fungsi rumah dalam status sosial dasar

Assalamualaikum Wr. Wb


Rumah sendiri pada hakikatnya adalah tempat dimana kita hidup dan berkeluarga. Fungsinya sendiri dapat kita bagi sendiri, yaitu untuk untuk beraktifitas, agar terlindung dari cuaca, manusia, dan binatang, untuk sarana interaksi sosial, dan untuk aktualisai diri. Dan biasanya rumah itu pasti berada di dalam lingkungan masyarakat.

Dalam lingkungan masyarakat kita melihat bahwa ada pembeda-bedaan yang berlaku dan diterima secara luas oleh masyarakat. Di sekitar kita ada orang yang menempati jabatan tinggi seperti gubernur dan wali kota dan jabatan rendah seperti camat dan lurah. Di sekolah ada kepala sekolah dan ada staf sekolah. Di rt atau rw kita ada orang kaya, orang biasa saja dan ada orang miskin.

Perbedaan itu tidak hanya muncul dari sisi jabatan tanggung jawab sosial saja, namun juga terjadi akibat perbedaan ciri fisik, keyakinan dan lain-lain. Perbedaan ras, suku, agama, pendidikan, jenis kelamin, usia atau umur, kemampuan, tinggi badan, cakep jelek, dan lain sebagainya juga membedakan manusia yang satu dengan yang lain.

Status sosial sendiri merupakan sekumpulan hak dan kewajian yang dimiliki seseorang dalam masyarakatnya (menurut Ralph Linton). Orang yang memiliki status sosial yang tinggi akan ditempatkan lebih tinggi dalam struktur masyarakat dibandingkan dengan orang yang status sosialnya rendah.
Contohnya rumah mewah ini                                         jika dibandingkan dengan rumah ini



maka di sana akan terlihat perbedaan ekonomi yang sangat mendalam, orang dengan rumah mewah yang ada d sebelah kiri pun akan lebih di segani oleh orang orang yang memiliki rumah seperti pada gambar yang d sebelah kanan. Tidak hanya untuk pembeda ekonomi, rumah untuk membedakan sang pemimpin dengan bawahannya dan masih banyak lagi.

Maka dapat di simpulkan bahwa rumah tidak hanya memiliki fungsi sebagai tempat kita berlindung dan berprivasi tapi juga dapat membedakan status sosial masyarakat sekitar, baik yang kaya, sedang, maupun miskin. Mungkin sekian penjelasan yang dapat saya berikan mengenai fungsi rumah dalam status sosial dasar. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata atau sumber. Terimakasih,

Wassalamualaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar